Festival & Kompetisi Robotik Madrasah 2016 Resmi Dibuka

By Admin

nusakini.com-- Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah 2016 resmi dibuka Direktur Pendidikan Madrasah, M. Nur Kholis Setiawan. Pembukaan ini dihadiri oleh para Kasubdit dan Kasi pada Direktorat Pendidikan Madrasah, sejumlah kepala Madrasah, guru pendamping dan peserta festival dan kompetisi robotik madrasah 2016. 

Festival yang diselenggarakan di Pasarraya Mall of Indonesia Kelapa Gading ini dibuka pukul 09.30 WIB. Upacara pembukaan tampak meriah seiring kehadiran siswa-siswi dari MIN 5 Plumpang, MIN 20 Marunda, dan MTsN 5 Jakarta. 

Direktur Pendidikan Madrasah berharap Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah ini bisa menjadi piranti menumbuhkan kreativitas siswa-siswi madrasah. Selain itu, festival ini juga diharapkan dapat merangsang tumbuhnya kreativitas siswa madrasah yang tidak hanya pinter tetapi bener. 

"Dalam kompetisi ini dijunjung sportifitas yang mendorong siswa-siswi untuk pintar, namun juga benar, yakni benar dalam aturan main yang telah ditentukan," ujarnya, Senin (31/10). 

Dua tahun digelar, M. Nur Kholis mengaku melihat animo siswa madrasah untuk mengikuti kompetisi robotik ini cukup besar. Karenanya, dia berkomitmen menambah anggaran penyelenggaraan kegiatan ini di masa mendatang. 

"Kami akan memperjuangkan agar kegiatan ini bisa dilaksanakan secara maksimal di tahun depan. Bisa mengakomodir seluruh madrasah yang memiliki minat di bidang robotik," ujar M. Nur Kholis Setiawan, yang disambut dengan tepuk tangan peserta. 

Pembukaan ini juga dimeriahkan dengan tampilnya Group Band MAN 4 Jakarta yang membawakan dua lagu, yakni love your self dan hujan. Pembukaan semakin meriah karena para siswa-siswi MI ternyata juga hafal lagu tersebut dan bernyanyi bersama. 

Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah ini berlangsung sejak Minggu (30/10) yang diawali dengan breafing aplikasi robot fischer technic. Festival dilanjutkan hari ini hingga malam yang diakhiri dengan pengumuman pemenang. Direncanakan hadiah jurara I akan disampaikan langsung oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin. 

Diakhir sambutan dan arahan, Direktur Pendidikan Madrasah menyematkan ID Card kepada tiga peserta Festival dan Kompetisi Robotik Madrasah, dari siswi MI Madrasah Pembangunan, MTsN 1 Kotabagu Manado dan MAN Model Medan. (p/ab)